✔ Aplikasi GRATIS Belajar Online di Rumah

2 min read

Belajar tidak melulu hanya di sekolah saja. Melainkan, tugas untuk menimba ilmu bisa dimana saja dan kapan saja. Apalagi sekolah di Garut diliburkan selama dua minggu untuk mengurangi penyebaran virus Corona.

Tapi jangan khawatir, banyak aplikasi gratis belajar online yang dapat digunakan sebagai ruang belajar secara online Dimana guru dan siswa dapat tetap belajar secara online.

Bahkan dapat menggunakan kemudahan saat melakukan video conference.

G Suite for Education

Aplikasi paling direkomendasikan untuk belajar online adalah G Suite for Education milik Google. G Suite for Education adalah suatu media yang dapat dipakai sebagai sarana pembelajaran kolaboratif antara semua guru dan murid yang disediakan cuma-cuma oleh Google.

Tak berbeda dengan produk Google lainnya, G Suite for Education pun dilengkapi dengan sekian banyak fitur, misalnya Gmail, Docs, Drive, Calendar, dan Hangouts.

Namun, G Suite for Education pun menyediakan fitur lainnya, yaitu Google Classroom.

Google Classroom/Ruang Kelas Google ialah sistem pembelajaran ruang belajar online yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, dimana guru dapat menyediakan bahan ajar dan tes untuk murid.

Banyaknya kemudahan yang disediakan oleh google classroom pasti akan mempermudah guru dalam melaksanakan pekerjaan pembelajaran secara online.

Pembelajaran yang dimaksud tidak saja di dalam ruang belajar saja yang terkesan monoton. Tetapi juga, dapat dilakukan dimana juga dan kapan juga dengan mengakses google classroom secara online.

Keunggulan dari google classroom adala efektifitas dan efisiensi dalam pekerjaan pembelajaran. Sehingga guru dapat termudahkan dengan google class room ini.

Apalagi dengan kemudahan video conference. Dimana guru dan siswa dapat berttatap muka secara langsung melewati vidoe jarak jauh.

Melalui fitur-fitur tersebut, kamu dapat melakukan pembelajaran dengan lebih efektif dan mudah. Misalnya ialah pemanfaatan fitur Hangouts Meet guna live streaming yang dapat mencapairatusan ribu pemirsa dan bisa direkam melalui Google Drive milik individu untuk diakses saat lantas hari.

Edmodo

Edmodo merupakan platform microblogging secara pribadi yang diperuntukkan guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa.

Dimana Guru dan siswa dapat berbagi catatan, link, dan dokumen dengan aplikasi Edmodo ini.

Guru juga memiliki kemampuan untuk mengantarkan pengumuman dan tugas untuk siswa. Juga dapat mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat secara umum.

Kelas Pintar

KelasPintar.id Menawarkan sekian banyak fitur laksana catatan, grup, guru/mentor, orangtua, jadwal, rapor, dan pesan, Kelas Pintar menawarkan total learning ecosystem yang patut dicoba.

Kini semua siswa dapat tetap belajar secara online, guru juga dapat tetap menyerahkan materi dalam proses pekerjaan belajar mengajar, dan semua orang tua dapat mengawasi pertumbuhan belajar anaknya.

Semua itu dapat dilakukan dengan solusi edukasi berbasis teknologi melalui software Kelas Pintar.

Moodle

Moodle merupakan sebuah aplikasi CMS eLearning berbasis website yang dapat merubah sebuah media pembelajaran offline ke dalam bentuk online (web based).

Aplikasi elearning Moodle ini memungkinkan murid guna masuk kedalam ruang kelas digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran.

Dengan menggunakan Moodle, pengajar dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, sekarang Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) juga dapat digunakan melalui aplikasi berbasis Android dan iOS.

Schoology

Aplikasi belajar online gratis selanjutnya ialah Schoology. Dimana Schoolog ini adsalah di antara solusi sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang dirancang untuk kolaborasi antara semua siswa dan guru.

Schoology menawarkan API generasi berikutnya dan sokongan Learning Tools Interoperability (LTI), pencitraan merek khusus, pembuatan peran granular, penilaian lanjutan, dan analisis terperinci, dengan biaya tertentu.

Seperti halnya Edmodo, Schoology juga menggunakan estetika Facebook yang akrab dengan fitur gamification, aplikasi mobile, dan akun orang tua.

Microsoft

PT. Microsoft Indonesia pun menjelaskan bahwa pihaknya meluangkan akses Office 365 guna pendidikan. Dalam memanfaatkan fitur ini, pihak-pihak sekolah melulu perlu menyediakan kekuasaan institusi sebagai identitas digital semua guru dan muridnya.

Dengan disediakannya fitur Teams oleh Microsoft Indonesia dalam Office 365, proses pekerjaan belajar melatih tetap bisa dilangsungkan secara online melewati platform digital dan guru dapat bertatap muka dengan video conference dengan murid.

Zenius

Platform Zenius pun turut serta dalam membantu dunia pendidikan dalam mempersiapkan UN dan UTBK.

Nah, software Zenius ini hendak membantu supaya pembelajaran dapat terus berlanjut secara online.

Kamu dapat menonton video materi, mengunduh pelajaran soal, atau bahkan menggarap langsung melewati aplikasi. Tidak melulu itu, disebutkan juga bahwa ada puluhan ribu video pelajaran yang telah dibentuk tim tutor yang siap untuk menemani belajar secara online di rumah.

Sekolahmu

Aplikasi Sekolahmu pun telah mengadakan pembelajaran ruang belajar maupun bisnis dengan berkerja bareng ratusan sekolah serta organisasi. Pembelajaran media daring ini ditujukan untuk semua murid, guru, bahkan semua orang tua.

Melalui Sekolahmu, kita juga dapat belajar live secara gratis.

Demikian aplikasi belajar online yang bisa digunakan di rumah ini yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa artikel ini untuk dibagikan semoga banyak orang lain yang termanfaatkan.

× BISA KAMI BANTU?