Pesantren di Garut

1 min read

Pesantren adalah lembaga pendidikan yang menekankan pembangunan karakter berbasis pendalaman ilmu agama.

Pesantren sudah terbukti mampu melahirkan ulama yang mencintai tanah air dengan sepenuh jiwa. Para ulama berjuang mendidik umat dan mengusir penjajah dari bumi pertiwi Indonesia tercinta ini.

Tak terkecuali pesantren yang ada di Garut yang tersebar ke berbagai daerah. Bahkan, setiap kampung hampir ada lembaga pendidikan yang bernama pesantren.

Nama-nama Pesantren di Garut

Pesantren sudah terbukti mampu melahirkan ulama yang mencintai tanah air dengan sepenuh jiwa. Para ulama berjuang mendidik umat dan mengusir penjajah dari bumi pertiwi Indonesia tercinta ini.

Tak terkecuali pesantren yang ada di Garut yang tersebar ke berbagai daerah. Bahkan, setiap kampung hampir ada lembaga pendidikan yang bernama pesantren.

Sebutan Garut sebagai Kota Santri sangat beralasan. Pasalnya, di tanah Garut berdiri kokoh pesantren-pesantren yang jumlahnya hampir ratusan, bahkan ribuan.

Pesantren Garut memiliki metode yang berbeda. Ada yang masih ‘keukeuh’ menjaga tradisi pesantren jaman dulu, dimana pesantren ini tidak begitu memperhatikan akan administrasi yang erlaku di sejumlah pesantren modern.

Ya. Pesantren tradisional atau pesantren salafiyah di Garut cukup banyak tersebar. Dimana karakter dari pesantren tradisional menitik beratkan kepada kesederhanaan dalam berperilaku. Dan biasanya tidak ada lembaga formal seperti SD, SMP dan SMA.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, anyak pesantren salafiyah yang bermigrasi menjadi pesantren yang memadukan antra pesantren tradisional dan pengimbang zaman.

Setiap pesantren yang ada di Garut mempunyai ciri khasnya masing-masing. Ada yang difokuskan mengkaji Nahwu Shorof, ada pula juga yang lebih menitik beratkan kepada pendalaman Ilmu Al Quran, seperti Qiroatus Sab’ah dan Tahfidz Quran.

Namun, moralitas umat mansuia menjadi bidang daskwah utama pesantren seagai lemaga pemangunan karakter.

Karena karakter menjadi pondasi utama pesantren yang ditanamkan dalam alam bawah sadar para santri di pondok pesantren yang melandasi semua bangunan di atasnya.

Untuk memudahkkan orang tua/wali, berikut Garut Positif hadirkan beberapa pesantren yang ada di Garut

Pesantren di Garut Kota

Pesantren di Kadungora

  1. Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal
  2. Pondok Pesantren Nurul Musthofa An-Nuroniyah
  3. Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah

Pesantren di Tarogong

  1. Pondok Pesantren Al-Huda
  2. Pondok Pesantren Al Halim
  3. Pondok Pesantren Miftahut Thoriq
  4. Pondok Pesantren Al Falah Biru

Pesantren di Limbangan

  1. Pondok Pesantren Qirooatussab’ah Kudang
  2. Pondok Pesantren As Sa’adah
  3. Pondok Pesantren Al Fadilah

Pesantren di Bayongbong

  1. Pondok Pesantren idayatul Faizien
  2. Pondok Pesantren Al Hidayah Nangoh
  3. Pondok Pesantren Darul Huda

Pesantren Qur’an

Jika Anda perna mengenal nama Kudang, suda dipastikan Anda akan mengingat nama sebua peondok pesantren Al Qur’an yang banyak melahirkan qori dan qoriah yang berprestasi di tingkat nasional maupun qori internasional.

Sebut saja Haji Shiddiq Mulyana, qori internasional yang merupakan alumni Kudang.

Namun, jangan sebut Garut sebagai Kota Santri, karena banyak juga pesantren Quran yang ada di Garut.

Pondok Pesantren Qiroatus Sab’ah

Selengkapnya mengenai Profil Pondok Pesantren Kudang:

Pesantren Nahwu Shorof

Pesantren alat adalah sebutan pesantren yang fokus pada pendalaman ilmu nahwu shorof. Pesantren Sadang adalah pesantren dengan alatnya, anyak Kyai besar yang menjadi alumni dari pondok pesantren yang ada di Kecamatan Sucinaraja ini (dulu Kec. Wanaraja).

Pesantren Modern di Garut

Darussalam menjadi pondok pesantren modern terkuma di Kabuipaten Garut. Berlokasi jauh dari keramaian kota tidak menyurutkan calon santri yang hendak menimba ilmu di Pondok Pesantren Darussalam yang mengadopsi Pondok Pesantren Gontor.

JIka diistilahkan, Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah adalah Gontornya Garut.

× BISA KAMI BANTU?